Cara menanamkan kebiasaan ibadah anak sejak dini



Dear Bunda,

Bagi Bunda yang sangat perhatian dengan perkembangan kepribadian anak pasti akan terus berusaha untuk menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik terhadap aktifitas sehari-hari si buah hati. Mulai dari tata cara kebiasaan makan, minum, tidur, menjaga kebersihan,membuang sampah, berkata, bersikap sopan santun dan tentu kebiasaan beribadah sejak dini.

Berikut beberapa tips cara menanamkan kebiasaan ibadah sejak dini. Tulisan ini adalah pengalaman pribadi penulis yang dilakukan sehari-hari.

1. Keteladanan, Orang tua membiasakan diri untuk sholat di awal waktu

Keluarga merupakan madrasah/sekolah pertama bagi anak. Kebiasaan orang tua, ayah, ibu akan menjadi kebiasaan pula bagi si kecil, mengapa? Karena sifat anak adalah meniru....Jadi jangan semata-mata menyalahkan anak jika anak memiliki karakter buruk, namun perlu introspeksi diri dan diskusikan antara ayah dan ibu tentang perkembangan si anak. Jika orang tua terbiasa melakukan sholat di awal waktu maka ada pemandangan baik bagi si anak tentang praktik menjalankan ibadah.

2. Sholat di Masjid, Prioritaskan untuk selalu sholat jamaah di masjid atau mushola terdekat dengan mengajak anak


Mengajak anak ke masjid adalah salah satu teknik sederhana membiasakan anak rajin dan senang beribadah. Kita biasakan anak dengan situasi dan kondisi masjid agar familiar dan dekat. Tabiat anak adalah suka jalan-jalan, suka melihat hal-hal baru, sepanjang perjalanan dari rumah menuju masjid bisa sambil menyanyi, baca hafalan surat pendek, sholawatan, tebak-tebakan nama serta jumlah barang/hewan yang dilihat sepanjang perjalanan dan aktifitas menyenangkan lainnya.

3. Berikan hadiah, Berikan Sarung, Peci atau Busana yang menarik lainnya

Menjadi hal yang lumrah dunia anak suka dengan hal-hal lucu dan menarik. Maka alokasikan anggaran untuk membeli sarung/peci untuk anak. Tentu pilih motif dan karakter yang anak sukai.

 

Alhamdulillah kini, setiap azdan, justru anak yang selalu mengingatkan untuk sholat, "Ayah, sudah azdan" itu ucapan yang selalu menjadi alarm penyemangat untuk segera ambil air wudhu dan berangkat sholat di masjid.

Demikian Ayah dan Bunda tips sederhana menanamkan kebiasaan ibadah anak sejak dini, semoga bermanfaat (/Tst).

(KLIK DI SINI untuk kembali ke halaman Utama) 
BELI Sarung Fozkids sekarang BONUS Pesawat Fozkids
Peluang Bisnis Sarung Anak, Raih Omset Jutaan Rupiah per bulan